Search
Close this search box.

Nikmat!! Inilah Menu-menu Favorit Sultan dari Sekar Kedhaton Restaurant!

Pas lagi liburan ke Jogja ada satu hal yang sudah pasti dicari para traveller yaitu makanan. Makanan yang paling sering disebut kalo soal Jogja ya kalo nggak gudeg ya bakpia, padahal masih banyak menu lain yang gak kalah enak bahkan sampe jadi favoritnya Sri Sultan Hamengkubuwono loh! Penasaran apa aja? Simak di bawah ini yuk!

  • Pecel Mataram

Menu satu ini mungkin dianggap biasa, tapi ternyata luar biasa loh! Pada saat diadakannya acara penjamuan Raja Mataram dan acara pernikahan, Pecel Mataram menjadi menu yang wajib dan selalu ada pada acara tersebut.

Pecel Mataram terdiri dari campuran sayur mayur seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya muda, toge, dan kubis yang direbus atau dikukus kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang dibumbui bawang merah, bawang putih, dan cabe merah, asam jawa, kencur, garam dan gula jawa. Pecel Mataram menggunakan biji wijen di dalam bumbunya

  • Rujak Warninipun
rujak

Menu selanjutnya ini pasti udah gak asing lagi yaitu Rujak! Rujak dengan buahnya yang bervariasi memiliki makna kebahagiaan untuk orang yang menikmatinya. Beberapa jenis rujak di antaranya Rujak Warninipun dan Rujak Crobo.

Terdiri dari buah-buahan seperti jambu air, bengkoang, pepaya, timun, dan mangga yang diserut atau dipotong ke bentuk yang kecil. Terdapat juga bumbu khas yang dibuat dari campuran gula jawa, air, bawang putih, dan cabe sehingga memberikan cita rasa perpaduan manis, asam, dan pedas. Seger banget nih!

  • Krengseng Daging

Masuk ke makanan utama nih! Ada Krengseng Daging yang seringkali dihidangkan di perhelatan acara pernikahan masa Kerajaan Mataram.

Krengseng Daging terbuat dari bahan dasar daging sapi yang diolah dengan cara dimasak menggunakan bumbu-bumbu berbahan jahe, bawang merah, bawang putih, cabe merah, merica, dan garam. Campuran bumbu sangat meresap ke dalam dan dagingnya memiliki tekstur empuk dan gurih.

  • Bakmi Mataram

Makanan berbahan mie juga ada di menu ini! Bakmi Mataram ini beda dari bakmi-bakmi lainnya yang dijual di wilayah Yogyakarta.

Terbuat dari campuran beragam bumbu pawon berbahan seperti bawang merah, bawang putih, garam, merica. Bakmi kemudian disajikan dengan tambahan ayam kampung yang disuwir dan juga jeroan ati ampela.

  • Aneka Jenang

Acara perjamuan tamu di masa Kerajaan Mataram Islam dilengkapi dengan berbagai jenis hidangan penutup yang di antaranya adalah jenang. Jenang ini dimaknai sebagai hal-hal baik atau keselamatan untuk para tamu yang datang berkunjung dan masih dilestarikan sampai saat ini.

Jenis-jenis jenang di antaranya adalah Bubur Abang, Jenang Putih, Jenang Baro-Baro, Jenang Ketan Hitam. Masing-masing jenang memiliki rasa khas masing-masing serta warna yang menarik.

Nah itulah beberapa menu favorit di masa Kerajaan Mataram Islam dulu! Enak banget ya keliatannya! Tentunya menu-menu tersedia di Sekar Kedhaton Restaurant Kotagede & Mungkid. Yuk kita coba!

Leave a Comment

× Booking Fast Response Sekar Kedhaton