Search
Close this search box.

Si Roti Bunga Asli Kotagede!!

Snack asal Kotagede ternyata buanyak banget dan juga bentuknya unik-unik, seperti Roti Kembang Waru salah satunya. Pengen tau lebih banyak soal roti satu ini? Simak selengkapnya di bawah ini ya!!

MAKANAN PARA BANGSAWAN

Roti Kembang Waru yang bentuknya lucu ini ternyata punya sejarah yang cukup keren loh! Ternyata, snack ini dulunya merupakan hidangan khusus para tamu elit ketika sedang bertamu dan tidak sembarang orang bisa menyediakan roti ini.

Untungnya sekarang sudah tersedia untuk umum di wilayah Kotagede dan Sekar Kedhaton Restaurant menyediakan juga menu ini.

FILOSOFI BENTUKNYA

Kembang Waru ini bentuknya menyerupai bunga yang di sampingnya ada 8 buah kelopak. Bentuk kelopak unik ini ternyata masing-masing menyimpan makna filosofis di dalamnya.

8 kelopak bunga ini melambangkan simbol Hasto Broto atau jalan utama yang merupakan 8 elemen terdiri dari : bulan, bintang, api, air, awan, tanah, samudera, dan angin.

DIMASAK KHUSUS

Roti Kembang Waru ini dari segi bahan-bahannya mungkin simpel yang berupa campuran tepung, gula, dan telur. Cara memasaknya ini yang beda dan gak sembarangan bisa dibuat karena perlu peralatan masak yang khusus yaitu tungku atau ovennya.

Campuran adonan dituangkan ke dalam cetakan berbentuk bunga lalu dipanggan di dalam oven. Oven ini haruslah oven tradisional dengan bahan bakar kayu karena apabila memakai oven berbahan bakar gas maka rasanya akan berbeda dan tidak lagi otentik. Rasa khasnya inilah yang menjadikan Roti Kembang Waru salah satu snack paling dicari ketika orang berlibur ke Kotagede.

Leave a Comment

× Booking Fast Response Sekar Kedhaton