Search
Close this search box.

Keunikan Sejarah dan Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan budayanya yang sangat beraneka ragam. Seluruh daerah kepulauan Indonesia masing-masing menyimpan keberagaman budayanya masing-masing yang unik dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satu pulau di Indonesia yang terkenal akan keberagaman budayanya adalah pulau Jawa.

Pulau Jawa ini dihuni oleh sebanyak kurang lebih 155.000 juta jiwa yang mencakup 56% dari total keseluruhan penduduk yang ada di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh aksesibilitas serta fasilitas di Pulau Jawa yang sejak zaman penjajahan Belanda. Fasilitas peninggalan ini menjadi infrastruktur dasar bagi perkembangan Indonesia khususnya di Pulau Jawa sehingga mayoritas penduduk Indonesia berpindah ke pulau tersebut.

Pulau Jawa yang padat penduduk ini dapat dikategorikan dalam tiga budaya secara garis besar yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Salah satu daerah di Jawa bagian tengah dengan keunikan sejarah dan budayanya memiliki provinsinya sendiri bernama Daerah Istimewa Yogyakarta.

Daerah Isitmewa Yogyakarta atau lebih dikenal sebagai Yogyakarta ini memiliki keistimewaan dari sejarahnya sejak masa sebelum didirikannya Indonesia. Yogyakarta dahulu dikenal sebagai bagian dari wilayah Kerajaan Mataram yang wilayah kekuasaannya mencakup hampir seluruh Jawa. Kerajaan Mataram ini juga memiliki andil yang besar dalam mendukung berdirinya Indonesia.

Sejarah Yogyakarta masih dapat dilihat secara langsung oleh siapapun yang datang ke daerah ini. Keseharian warga, upacara adat, serta makanan khasnya masih dapat ditemukan di beberapa titik khusus di Yogyakarta. Kerajaan Mataram kini masih dapat ditemukan di Keraton Kasultanan yang peninggalannya tersebar di seluruh penjuru kota dan hidangan khas Yogyakarta sejak dahulu hingga sekarang masih eksis salah satunya adalah gudeg.

Gudeg merupakan hidangan khas Yogyakarta yang bahannya terbuat dari nangka, tahu tempe bacem, krecek sapi, telur, dan daging ayam dengan kuah santan dengan cita rasa manis. Hidangan di Yogyakarta hampir sebagian besar memiliki karakteristik manis termasuk gudeg ini. Cita rasa manis makanan Yogyakarta ini sudah ada sejak masa penajajahan Belanda yang kala itu Yogyakarta menjadi salah satu daerah penghasil gula terbesar di Jawa sehingga berpengaruh juga ke makanan sehari-hari warganya.

Keunikan sejarah lainnya yang dimiliki Yogyakarta juga ditemukan di kerajinan tangannya yang sudah terkenal hingga ke mancanegara yaitu kerajinan peraknya. Daerah khusus tempat kerajinan perak ini berada di Kotagede yang terletak di sisi timur kota. Kotagede ini menyimpan banyak sejarah awal berdirinya Kerajaan Mataram hingga seperti yang dikenal saat ini.

Kerajinan-kerajinan perak ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram di Kotagede. Kerajinan perak ini dibuat dengan meleburkan bijih perak dan tembaga menjadi satu kemudian diolah menjadi bentuk-bentuk yang unik dan ikonik khas Yogyakarta. Kerajinan perak yang awalnya hanya dibuat untuk kebutuhan keluarga kerajaan, namun gubernur pada masa pemerintahan Belanda yaitu Mary Agnes mengembangkan industri perak ini. Kini kerajinan perak Kotagede sudah sangat terkenal hingga ke kancah internasional.

Turis-turis yang berkunjung ke Kotagede akan selalu mendapatkan kesan yang tidak pernah terlupakan. Mulai dari bangunan-bangunan bersejarahnya yang masih berdiri kokoh di sepanjang jalan, keunikan kerajinan peraknya, serta salah satu restoran bersejarah yang sangat terkenal di Yogyakarta yaitu Sekar Kedhaton. Yogyakarta khususnya Kotagede menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit yang memiliki tempat-tempat bersejarah serta dapat menikmati langsung hidangan bersejarah khas Kerajaan Mataram di Sekar Kedhaton Restaurant.

menu tradisional mataram

Sekar Kedhaton Restaurant menyajikan beragam menu bertemakan Mataram Islam yang masing-masing menyimpan cerita serta nilai-nilai bersejarah. Tersedia juga menu ala Asia dan menu ala Barat yang disajikan dengan cara unik Rijstafel, a la Carte, dan Buffet. Semua makanan diolah oleh koki-koki berpengalaman yang ahli dan sangat memahami ciri khas rasa makanan bersejarah dan juga makanan modern. Para turis dapat merasakan kehidupan layaknya bangsawan Kerajaan Mataram di sini.

Leave a Comment

× Booking Fast Response Sekar Kedhaton